15 Feb 2011

Setting Crontab

Sebelum lanjut nulis crontab-nya… mau jelasin dulu dech bagi yang belum tau nich. Sebenarnya apa seh itu Cron ? Cron merupakan sebuah daemon yang menjalankan tugas yang telah dijadwalkan berdasarkan input dari perintah crontab. Cron menyelesaikan tugas ini dengan membangunkan dirinya setiap menit dan memeriksa apakah ada cron-job yang harus dijalankannya berdasarkan crontab user. Jadi ya semacam Scheduled Task kalo di Windows lah :p .
Catatan : ingatlah bahwa crontab adalah nama untuk daftar cron-job dan nama dari perintah untuk mengedit daftar tersebut.
Sebenarnya ada 3 implementasi cron yang dikenal dalam GNU/Linux, yaitu :
  1. Vixie cron
    Vixie cron merupakan implementasi penuh fitur berbasis SysV cron. Setiap user memiliki crontab-nya masing-masing dan boleh menentukan variabel lingkungan di dalam crontab tersebut. Tidak seperti varian cron yang lain, cron ini juga
    menawarkan dukungan untuk SeLinux dan PAM. Cron ini mendukung arsitektur lebih sedikit dari Dcron, tetapi lebih banyak dari Fcron.
  2. Dillon’s Cron
    Dcron diciptakan untuk menjadi implementasi cron yang sederhana, elegan, dan aman. Implementasi ini tidak mengizinkan spesifikasi variabel lingkungan di crontab dan semua cron-job dijalankan dari /bin/sh. Seperti Vixie cron, setiap user boleh memiliki crontab-nya sendiri.
  3. Fcron
    Fcron diciptakan untuk menjadi pengganti Vixie cron dan Anacron. Dirancang untuk bekerja pada sistem yang tidak selalu dinyalakan dan memiliki beberapa fitur tambahan. Memiliki penyekat startup job, kendali serialisasi job, kemampuan untuk menetapkan nilai “nice” ke job dan kemampuan untuk menjadwalkan job agar dijalankan ketika sistem startup. Bukalah website fcron untuk info lebih lanjut.
  4. Anacron
    Anacron bukanlah merupakan sebuah daemon cron, tetapi merupakan sesuatu yang biasanya bekerja sama dengan daemon cron. Anacron mengeksekusi perintah pada interval yang ditentukan dengan hitungan hari dan tidak menganggap bahwa sistem selalu menyala; ia akan menjalankan tugas-tugas yang terlewatkan ketika sistem sedang dimatikan. Anacron biasanya bergantung pada daemon cron untuk menjalankannya setiap hari.
Menjadwalkan cron-jobs
Proses pengeditan crontab berbeda untuk setiap paket, tetapi semuanya mendukung kumpulan perintah dasar yang sama: menambahkan dan menggantikan crontab, mengedit crontab, menghapus crontab, dan menampilkan daftar cron-job di cron-tab.
# crontab –help
Perintah diatas berguna untuk menampilkan option-option yang dimiliki oleh perintah crontab. Dalam penggunaannya saya paling sering mengunakan perintah contab -l dan crontab -e untuk melihat dan meng-edit file crontab-nya :D
Cron yang digunakan pada distro saya adalah Dcron, gimana tahu-nya ya buka manualnya donk :p
Oke, sekarang coba kita lihat file crontab yang ada dengan perintah
# crontab -l
misalkan salah satu contoh yang saya punya
# update database clamav
15 1 * * * /usr/bin/freshclam -l /var/log/clamav/clam-update.log
Line yang diawali dengan # adalah comment dan tidak dieksekusi oleh cron. Hanya yang tidak di awali dengan tanda # yang dieksekusi. Arti line tersebut adalah “jalankan script /usr/bin/freshclam dan menyimpan log-nya file /var/log/clamav/clam-update.log pada setiap hari pada jam 01:15″. Tanda * artinya jalankan pada setiap waktu menurut periode masing-masing. sampai sini udah bingung kan ??? =)) Berikut penjelasan masing-masing kolom dalam crontab (5 periode waktu, plus satu kolom perintah).
* * * * * program/script yang ingin dijalankan
Arti :
* * * * * hari dalam 1 minggu (0 – 6) (Minggu = 0)
* * * * bulan (1 – 12)
* * * tanggal dalam 1 bulan (1 – 31)
* * jam (0 – 23)
* menit (0 – 59)
Dalam contoh diatas yang saya punya misalnya
15 1 * * * /usr/bin/freshclam -l /var/log/clamav/clam-update.log
Dapat dilihat bahwa pada jam 1.15 scrip/program /usr/bin/freshclam akan dijalankan setiap harinya (*).
Contoh lain misalkan kita ingin menjalankan script dodol.sh setiap hari Senin jam 6:30 dan meletakkan log nya di file dodol.log, maka isi crontab-nya adalah sbb :
30 6 * * 1 PATH/dodol.sh > PATH/dodol.log
Satu contoh lagi misalkan saya mau buat sebuah script yang akan mengingatkan saya pada jam 5.30 tentang hari ultah saya (tgl 29) dan juga ultah adik saya (tgl 12) pada bulan Juli (7) dan November (11), maka format penulisannya adalah :
30 5 11,29 6,12 * PATH/ultah.sh
Waaa… ternyata gampang yach… :p jadi sekarang silahkan dech atur sesuai kebutuhan, misalkan untuk meng-update antivirus secara periodik, untuk backup file, de el el lah poko`e…
Dan jangan lupa pastikan daemon cron udah pasti berjalan pada sistem
# ps -aux | grep cron
Wokehhh… udah ngatuk nech… lanjut ntar-ntar lagi dech :D



Nimbuzz Flooder Community (Flooder Manual Team)

Comments :

5 komentar to “Setting Crontab”

Nusaweb mengatakan...
on 

Ane tambahin referensinya gan..

http://www.centos.org/docs/5/html/Deployment_Guide-en-US/ch-autotasks.html

kally jhon mengatakan...
on 

Do you face an error regarding http in your Gemini exchange account. It will be a error 1022 on your Gemini exchange account. When you face this issue and you recreating your keys just by running the same code with the new keys . But this solution cannot worked out to solve the issue . I can face the same issue regarding http in your Gemini exchange account. When I already deleted and renewed my keys multiple times regarding Gemini exchange account. You simply call on Gemini support number +1-800-861-8259 in order to solve the http issue that you faced in your Gemini exchange account.
Gemini Number
Gemini Contact Number
Gemini Toll Free Number
Gemini Support Number
Gemini Phone Number
Gemini Helpline number
Gemini Support Phone number
Gemini Customer Support
Gemini Customer Service
Gemini Customer Service Number
Gemini Wallet phone Number

Blockchain Customer Service 24*7 Help mengatakan...
on 

Do you face privacy error in your Blockchain wallet account . When we open our Blockchain wallet account on chrome. Some we face an error regarding privacy on our Blockchain wallet account on the home page of our Blockchain wallet account. It will show an error message i.e.“ERR_CERT_AUTHORITY_ INVALID”. When attackers want to steal our account.You want to solve these issue or you find the solution how you fixed out these issue. Not to woory you simply call on Blockchain Customer Service Number +1 (800) 861-8259 to contact with Blockchain wallet support team to resolve these issue.

Blockchain Customer Service 24*7 Help mengatakan...
on 

Are you unable to open your Binance account as you have forgotten your password? Have you implemented all the methods but still unable to fix it? You can relax for now as it is the time you should take assistance from the experts who can recover your issue in minimal time. Just dial Binance support number [+1 877-209-3306] and put forward your error to the experts and get a variety of solutions and remedies to fix your issues. The experts are always active, all you need to do is to approach them immediately.

Blockchain Customer Service 24*7 Help mengatakan...
on 

Despite the versatile and high-end functions and features, users get caught in issues like account verification which are hard to resolve. To get handy and instant solutions you can reach the experts by calling on Binance Support Number [+1877-330-7540] anytime and remove all your tension. They will fix your issue in no time and make sure to give alternate methods so that you can fix such issues on your own without any external help. They are functional throughout the year for assistance.

Posting Komentar

jangan Lupa KomENT Y.....

 

Copyright © 2010 by Nimbuzz Flooder Community

design by xXx | Powered by Blogger